12.23.12

Perbedaan Antara Bisnis Konveksi Dan Garment

Posted in bentuk bisnis at 11:51 am by okayacool

Sampai saat ini tak banyak orang yang tahu apa arti sebenarnya dari sebuah konveksi. Sebagian hanya mengartikan bahwa bisnis konveksi merupakan suatu proses produksi barang dalam skala besar saja namun mereka hanya beranggapan bahwa barang yang diproduksi oleh konveksi adalah barang barang tertentu, dan cakupan barangnya sangat terbatas. Barang yang dihasilkan konveksi itu sendiri sebenarnya berupa pakaian, assesoris, perlengkapan dan lain sebagainya yang tentunya diproduksi dalam jumlah banyak serta dipasarkan dalam keadaan siap pakai, ini tidak diukur oleh banyaknya pesanan namun berdasarkan ukuran yang sudah di tentukan. Dalam hal ini Biasanya Bisnis konveksi disebut juga dengan Perusahaan Pakaian jadi. Produk unggulan yang dihasilkan oleh konveksi adalah pakaian/kaos/seragam yang merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia.

Berbeda dengan proses garment, bisnis garmen merupakan suatu proses dimana kain atau barang setengah jadi dirubah menjadi barang jadi yang siap untuk dipakai. Prosesnya terdiri dari 3 bagian besar, yaitu proses pemotongan kain sesuai dengan pola pakian yang dinginkan,  proses menjahit, dan yang terakhir proses perapian serta pemasang mata kancing, pemberikan bordir dan lain sebagainya. Dalam konveksi pun sama cara proses pembuatanny, yaitu memotong, menjahit dan merapikan, namun perbedaanya terdapat dalam skala pemproduksiannya, luas wilayah, serta jumlah barang produksi.

Namun ada sedikit perbedaan lagi dari proses produksi garment dan konveksi seragam. Pada Garment, proses produksi dilakukan berdasarkan jenis prosesnya jadi memfokuskan satu kegiatan untuk dikerjakan banyak orang. Misalnya, ketika sedang menjahit lengan di baju, maka seluruh pekerja akan membuat (menjahit) lengan baju. Dan kemudian ketika proses memasuki tahapan membuat body baju, maka seluruh pekerja juga akan membuat body baju tersebut dan seterusnya. Sedangkan dalam konveksi, proses produksi dilakukan keseluruhan tiap-tipa pekerja berbeda-beda. Satu pekerja akan menjahit satu baju mulai dari lengan hingga body baju, dan seterusnya hingga menghasilkan satu pakaian utuh. Lalu setelah itu mereka akan menjahit potongan kain berikutnya hingga menjadi satu pakaian utuh lagi.

Banyaknya pelaku bisnis yang memutuskan untuk menjadikan konveksi seragam atau kaos murah sebagai salah satu usaha yang ditekuni merupakan salah satu bukti nyata yang mengatakan bahwa minat mayarakat cenderung ke kegiatan konveksi dibandingkan dengan garment. Hal ini dikarenakan sebab usaha garmen tergolong sebgai usaha yang lebih besar dibandingkan dengan konveksi, dan tentunya secara otomatis pula dana yang disiapkan semakin besar dibandingkan dengan usaha konveksi. Banyaknya aspek bahan produksi yang dihasilkan juga membuat usaha konveksi sebgai usaha yang bisa diandalkan seperti seragam, kaos, celana, baju, busana muslim ,tas dan lain sebagainya.



Leave a Comment